Senin, 11 Oktober 2010

Menentukan Lokasi Terbaik Untuk Gedung Walet

Bila kita berbicara tentang budidaya burung walet, tentunya hal ini tidak akan pernah terlepas dari penentuan lokasi gedung walet. Penentuan lokasi terbaik untuk gedung walet ini sangat berpengaruh tidak hanya pada kuantitas sarang walet yang dihasilkan tetapi juga “kualitas” sarang waletnya.
Sarang walet yang kuntitas dan kualitasnya baik hanya bisa dihasilkan dari gedung walet yang nyaman untuk perkembang biakan walet. Maka dari itu, sebelum kita belajar banyak tentang walet, alangkah baiknya kita belajar menentukan lokasi gedung walet yang disukai walet terlebih dahulu.
Ingat, tanpa pemilihan lokasi gedung walet yang benar, kecil kemungkinan Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Fakta dilapangan menunjukan bahwa hampir 70% gedung walet yang dibangun tidak menghasilkan sarang.*
*diolah dari berbagai sumber
Menurut Andriseorang praktisi waletlokasi yang tepat untuk mendirikan gedung walet terkait beberapa faktor penunjang, contohnya ketersediaan pakan alami disekitarnya, ketinggian tempat, tingkat kebisingan dan polusi, serta ada tidaknya predator alami.
“Persyaratan dasar dalam menentukan lokasi gedung walet antara lain, dataran rendah sampai ketinggian 600 m  dpl (diatas permukaan laut, red.), daerahnya bebas pulosi, tidak bising, dan tidak banyak dihuni oleh predator” ungkap Andri.
Berikut ini beberapa areal yang bisa dijadikan lahan untuk mendirikan gedung walet, antara lain:
  1. Rawa-rawa da aliran sungai. Daerah seperti ini sangat bagus karena biasanya di daerah semacam ini banyak serangga terbang yang merupakan makanan burung walet.
  2. Lahan pertanian yang subur dengan sistem irigasi yang baik. Disengaja atau tidak, lahan pertanian akan mengundang kehadiran serangga yang merupakan makanan burung walet.
  3. Seperti telah disebutkan diatas, dataran rendah dengan ketinggian maksimum 600 m dpl. Pasalnya, di lokasi yang terlalu tinggi, walet akan sulit berkembang biak. Belakangan ini banyak pakar walet mencoba mengembangbiakan walet di dataran tinggi, tapi hasilnya masih nihil.
  4. Daerah yang bebas polusi, baik udara mau pun suara. Adanya polusi akibat aktivitas manusia dapat mengganggu ketenangan walet. Maka dari itu pilihlah daerah yang cukup jauh dari gangguan polusi yang mengganggu ketenangan walet.
Areal di atas merupakan tempat yang baik untuk membangun gedung walet, walaupun memang tidak tertutup kemungkinan bahwa di tempat lain burung walet bisa di budidayakan. Hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor penunjang lainnya.
Semoga bermanfaat!

 
ogspot.com